Kamis, 02 Mei 2013

Posted by Unknown |

Pada zaman ini, banyak orangtua berfikir bahwa kebahagian dapat diperoleh dari harta benda saja. Sehingga mereka hanya fokus kepada pekerjaan yang mendatangkan uang atau materi. Mereka meninggalkan anak mereka di rumah dan melepas tanggungjawab mereka dengan memberikan fasilitas elektronik seperti televisi, playstasion, komputer, dan berbagai macam alat yang membuat anak mereka senang. Mereka mengalihkan tugas mereka untuk mengurus anak kepada pembantu atau babysitter. Mereka pergi bekerja di pagi hari dan pulang larut malam sehingga mereka tidak sempat melihat anak mereka bahkan berkomunikasi dengan anaknya.

 Dengan bersikap demikian, mereka menjadi sering melupakan akan anak mereka. Anak mereka menjadi terlantar di rumah dan tidak mendapat perhatian serta kasih sayang. Anak menjadi buta akan kasihsayang dan cintakasih dari orangtua. Anak tidak pernah mendapat perhatian dari orangtua. Setiap hari anak hanya di temani dan diurus oleh pembantu atau babysitter. Maka tidak jarang anak menjadi lebih akrab dengan pembantu daripada dengan orangtua mereka sendiri. Bahkan ada anak yang tidak mengenal orangtuanya karna orangtuanya terlalu sibuk bekerja dan tidak pernah di rumah.

Anak yang kurang perhatian dari orangtuanya bisa saja terseret pergaulan yang tidak baik. Anak menjadi nakal dan sulit diatur. Bahkan ada diantara mereka yang menggunakan obat-obat terlarang agar mereka bisa merasa tenang dan tidak tertekan akibat kurangnya perhatian dari orangtuanya. Banyak hal-hal aneh lain dan tidak disangka-sangka yang dapat dilakukan anak untuk melampiaskan kekesalan yang terpendam di dalam hatinya.

Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Cinta Kasih Orangtua 

             a.  Urusan Pekerjaan

Pada umumnya ayahlah yang bekerja dan ibu mengurusi anak di rumah. Namun pada masa ini bukan ayah saja yang bekerja, ibupun juga sudah bekerja. Dengan demikian siapakah yang mengurusi anak dirumah, sementara ayah dan ibu sibuk bekerja?. Karna situasi seperti ini maka perhatian orangtua kepada anak dapat menjadi berkurang.
 
b.   Pertengkaran antara Ayah dan Ibu

Pertengkaran yang terjadi antara kedua orangtua dapat mengurangi perhatian kepada anak. Karna pertengkaran ini, baik ayah maupun ibu butuh sesuatu yang dapat membuat diri mereka tenang dengar pergi keluar rumah. Anak menjadi korban atas situasi ini. Selain merasa tertekan anak juga akan merasakan kehilangan perhatian dari orangtuanya.

c.    Adanya Pengasuh Anak

Zaman ini sudah babnyak pengasuh anak. Orangtua sering memperkerjakan meraka untuk mengurusi anaknya. Dengan begitu orangtua dapat fokus ke hal-hal lain karna urusa ana sudah diserahkan kepada pebgasuh anak. Namun orangtua tidak sadar bahwa dengan memperkerjakan pengasuh anak, hubungan mereka dengan anaknya akan menjadi jauh. Dan kasih sayang yang dirasakan oleh anak bukanlah dari orangtuanya melainkan dari orang lain, kasih sayang yang dirasakan anak itu tidak akan sama dengan kasih sayang yang berasal dari orangtuanya sendiri.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar